Latest News

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu (Campuran)

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu (Campuran) - Saat ini sudah marak pedagang curang yang menghalalkan segala macam cara untuk meraup keuntungan. Salah satunya adalah dengan menjual produk palsu atau juga mengoplos produk asli dengan bahan lain agar mendapatkan keuntungan yang banyak.

Memang sedikit sulit untuk membedakan antara madu asli dan madu campuran dengan mata telanjang, tapi jika kamu adalah pecinta madu, maka tidak perlu risau, ada beberapa cara membedakan madu asli dan palsu secara sederhana yang dapat kamu terapkan sebelum kamu membeli dan mengonsumsi madu tersebut.

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu (Campuran)

Nah, Kali ini Blog Anita akan membagikan tips yang cukup mudah dilakukan bagi kamu agar mengetahui perbedaan antara madu asli dengan madu palsu. Ada beberapa yang yang bisa kamu lakukan, silahkan praktekan sesuai dengan peralatan yang kamu punyai.

3 Cara Membedakan Madu Asli sama Madu Palsu (Tiruan)


1. Menggunakan Kertas

Cara pertama untuk mengetahui madu palsu atau tiruan dengan menggunakan media kertas. Cara ini cukup efektif untuk dilakukan, apalagi kamu dapat melakukannya pada saat hendak membeli madu tersebut, sehingga kamu tidak akan tertipu. Begini caranya, sebelum kamu membeli madu, periksa madu yang akan kamu beli tersebut dengan menuangkannya sedikit di atas kertas (koran/buku) bebas. Jika madu tersebut tidak membuat kertas kamu mudah robek, maka itu berarti madu yang kamu uji coba adalah madu asli, kamu dapat membelinya, sedangkan jika madu tersebut membuat kertas menjadi lebih mudah basah dan robek, maka kemungkinan besar madu tersebut adalah bukan asli/tiruan.

2. Menggunakan Air

Cara kedua adalah dengan menggunakan bahan air. Cara ini juga mudah dilakukan. Kamu hanya perlu meneteskan setetes madu ke dalam segelas air bening. Jika madu tersebut asli, maka madu tersebut tidak akan bercampur dengan air, namun akan tenggelam dalam wujud buliran. Sedangkan madu palsu akan terurai dalam air.

Cara membedakan madu asli dan tidak asli yang ketiga ini tidak kalah mudah untuk dilakukan, tapi sayangnya kamu tidak bisa menguji cobakannya saat sebelum anda membeli madu tersebut. Mengapa demikian? Karena cara ini harus menggunakan lemari pendingin atau kulkas. Caranya adalah dengan memasukkan madu ke dalam frezer kulkas selama beberapa saat. Jika madu tersebut membeku, maka dapat dipastikan madu tersebut memiliki campuran, sedangkan jika madu tetap tidak membeku, maka artinya madu tersebut adalah madu asli.

Demikianlah beberapa cara membedakan madu asli dan palsu yang paling sederhana. Kamu dapat mencobanya. Jangan sampai kamu atau keluarga mengonsumsi madu palsu, yang tentu saja sangat mungkin dapat berbahaya bagi tubuh kamu.

0 Response to "Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu (Campuran)"